Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli. Pada dasarnya belajar mengandung pengertian yang sangat
luas. Para ahli mendefinisikan pengertian belajar berdasarkan pada sudut
pandang serta pengalaman yang berbeda-beda. Dahar (2006: 2) menyatakan bahwa
belajar adalah proses di mana siswa berubah perilakunya sebagai akibat
pengalaman. Setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda-beda untuk
memahami segala sesuatu meskipun melakukan hal yang sama. Dalam pengertian
tersebut mengandung arti pentingnya sebuah pengalaman dalam belajar.
![]() |
Belajar Menurut Para Ahli |
Hosnan (2014: 7) menyatakan bahwa belajar pada hakikatnya
adalah suatu proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar
individu siswa. Belajar dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada
pencapaian tujuan dan proses melalui berbagai pengalaman yang diciptakan guru.
Proses interaksi dalam belajar sangat penting dalam rangka pencapaian tujuan.
Interaksi menunjukkan bahwa lingkungan dapat dijadikan siswa sebagai sumber
belajar.
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,
sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya (Slameto, 2010: 2). Berdasarkan pendapat di atas belajar lebih
menekankan kepada perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku dipandang
sebagai suatu proses belajar.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan
pengertian belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu secara sadar
tanpa paksaan, melalui tahapan dipengaruhi oleh interaksi baik oleh guru maupun
lingkungan sekitar dengan perubahan relatif mantap ke arah yang lebih baik.
Belajar tidak hanya sebatas untuk mendapatkan nilai di sekolah. Tingkat
keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh pola interaksi baik dengan guru
maupun lingkungan sekitar.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih