Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli
Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli. Metode secara harfiah berarti “cara” yaitu cara melakukan
suatu kegiatan dengan menggunakan fakta dan konsep-konsep secara sistematis
(Syah, 2010: 198).
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Metode Pembelajaran
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal (Sanjaya, 2006: 147).
Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan (KBBI, 1995 dalam Iskandarwassid, 2009: 56).
Menurut Pupuh Fathurrahman dalam Suyadi (2013: 15) metode
adalah suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang sudah
disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis yang dilakukan oleh
seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Metode pembelajaran merupakan seperangkat komponen yang
telah dikombinasikan secara optimal untuk kualitas pembelajaran (Riyanto dalam
Taniredja, 2012: 1).
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan, dan memberi
latihan kepada siswa. Metode pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai
cara untuk menyampaikan materi saja, tetapi juga mempunyai tugas untuk
mengelola kegiatan pembelajaran yang menciptakan interaksi satu arah, dua arah,
atau banyak arah sehingga siswa dapat belajar dengan baik untuk mencapai tujuan
belajar secara tepat.
Dalam melaksanakan pembelajaran perlu dipikirkan
metode pembelajaran yang tepat. Beberapa metode yang dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran antara lain; metode ceramah adalah cara
menyampaikan materi ilmu pengetahuan dan agama kepada siswa secara lisan.
Metode tanya jawab adalah mengajukan pertanyaan kepada siswa. Metode diskusi
adalah salah satu cara mendidik yang berupaya memecahkan masalah yang dihadapi,
baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk
memperkuat pendapatnya. Metode tulisan adalah metode mendidik dengan huruf atau
symbol apa pun. Metode pemecahan masalah (problem solving) adalah metode yang
digunakan untuk memecahkan masalah siswa dengan menganalisis masalah terlebih
dahulu. Metode praktik adalah mendidik dengan memberikan materi pelajaran baik
menggunakan alat atau benda. Metode kerja sama adalah upaya saling membantu
antara dua orang atau lebih dalam menyelesaikan masalah untuk mewujudkan
kesejahteraan bersama (Majid, 2009: 137).
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih