Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli
Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para
Ahli. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1991:523) konvensional artinya
berdasarkan kebiasaan atau tradisional. Jadi, pembelajaran konvensional adalah
pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru. Pada umumnya pembelajaran
konvensional adalah pembelajaran yang lebih terpusat pada guru. Akibatnya
pembelajaran kurang optimal karena guru membuat siswa pasif dalam kegiatan
belajar dan pembelajaran.
Metode yang sering
dipakai dalam pembelajaran konvensional antara lain adalah
ekspositori. Metode ekspositori
sama seperti metode
ceramah dalam hal terpusatnya
kegiatan pada guru sebagai pemberi informasi (bahan pelajaran). Tetapi pada
metode ekspositori dominasi guru sudah banyak berkurang, karena tidak terus menerus berbicara. Ia berbicara pada
awal pelajaran, menerangkan materi dan contoh soal disertai tanya jawab.
Siswa tidak hanya mendengar
dan membuat catatan.
Guru bersama siswa
berlatih menyelesaikan soal latihan
dan siswa bertanya kalau belum mengerti.
Guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individual, menjelaskan lagi kepada siswa secara individual atau
klasikal. Siswa mengerjakan latihan sendiri atau dapat bertanya pada temannya atau disuruh
guru mengerjakan di papan tulis. Walaupun dalam hal terpusatnya kegiatan pembelajaran
masih kepada guru tetapi dominasi guru sudah banyak berkurang.
![]() |
Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli |
Menurut Suyitno (dalam
Sulistiyorini, 2007:16), pada
umumnya pembelajaran konvensional
yang sering dilakukan oleh pendidik selama
ini memiliki banyak kelemahan antara lain sebagai berikut:
- Kegiatan belajar adalah memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa. Tugas guru adalah memberi dan tugas siswa adalah menerima.
- Kegiatan pembelajaran seperti mengisi botol kosong dengan pengetahuan. Siswa merupakan penerima pengetahuan yang pasif.
- Pembelajaran konvensional cenderung mengkotak-kotakkan siswa.
- Kegiatan belajar mengajar lebih menekankan pada hasil daripada proses.
- Memacu siswa dalam kompetisi bagaikan ayam aduan, yaitu siswa bekerja keras untuk mengalahkan teman sekelasnya. Siapa yang kuat dia yang menang.
Demikianlanlah pemaparan
tentang metode konvensional. Semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih