Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1991:523) konvensional artinya berdasarkan kebiasaan atau tradisional. Jadi, pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru. Pada umumnya pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang lebih terpusat pada guru. Akibatnya pembelajaran kurang optimal karena guru membuat siswa pasif dalam kegiatan belajar dan pembelajaran.

Metode yang sering  dipakai  dalam  pembelajaran konvensional antara  lain adalah  ekspositori. Metode  ekspositori  sama  seperti  metode  ceramah  dalam hal terpusatnya kegiatan pada guru sebagai pemberi informasi (bahan pelajaran). Tetapi pada metode ekspositori dominasi guru sudah banyak berkurang, karena tidak  terus menerus berbicara. Ia berbicara  pada  awal pelajaran, menerangkan materi dan contoh soal disertai tanya jawab. Siswa tidak  hanya  mendengar  dan membuat  catatan.  Guru  bersama  siswa  berlatih menyelesaikan  soal  latihan  dan  siswa  bertanya kalau  belum  mengerti.  Guru dapat memeriksa pekerjaan siswa secara individual, menjelaskan lagi kepada  siswa secara individual atau klasikal. Siswa mengerjakan latihan sendiri atau  dapat bertanya pada temannya atau disuruh guru mengerjakan di papan tulis. Walaupun dalam hal terpusatnya kegiatan  pembelajaran  masih kepada guru tetapi dominasi guru sudah banyak berkurang.

Pengertian Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli
Metode Pembelajaran Konvensional Menurut Para Ahli
Menurut  Suyitno  (dalam  Sulistiyorini,  2007:16),  pada  umumnya  pembelajaran konvensional yang sering dilakukan oleh pendidik selama  ini memiliki banyak kelemahan antara lain sebagai berikut:
  1. Kegiatan  belajar  adalah  memindahkan  pengetahuan  dari  guru  ke  siswa. Tugas guru adalah memberi dan tugas siswa adalah menerima.
  2. Kegiatan pembelajaran seperti mengisi botol kosong dengan pengetahuan. Siswa merupakan penerima pengetahuan yang pasif.
  3. Pembelajaran konvensional cenderung mengkotak-kotakkan siswa.
  4. Kegiatan belajar mengajar lebih menekankan pada hasil daripada proses.
  5. Memacu siswa dalam kompetisi bagaikan ayam aduan, yaitu siswa bekerja keras untuk mengalahkan teman sekelasnya. Siapa yang kuat dia yang menang.
Demikianlanlah pemaparan tentang metode konvensional. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli