Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari apa yang telah dikerjakan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 895)“ Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai yang diberikan oleh guru”.

Sumadi Suryabrata (2002: 297) mengartikan prestasi belajar sebagai “nilai yang merupakan bentuk rumusan akhir yang diberikan guru terkait dengan kemajuan atau prestasi belajar siswa selama waktu tertentu”.
Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli
Prestasi Belajar Menurut Para Ahli
Muhibbin Syah (2010: 141) menyebutkan bahwa “prestasi adalah tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program”.

Prestasi Belajar merupakan kemampuan, ketrampilan dan sikap seseorang dalam menyelesaikan belajar. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai siswa dalam belajarnya yang meliputi kemampuan penguasaan, pengetahuan dan ketrampilan yang telah diajarkan di sekolah. Dengan melihat hasil dari tes formatif, tes sumatif nilai rapor maka dapat dilihat sejauh mana  prestasi belajar yang telah dicapai oleh siswa. Prestasi belajar yang diperoleh merupakan suatu hasil dari perubahan karena belajar.

Menurut Sumadi Suryasubrata“untuk mengetahui prestasi belajar siswa, guru harus melakukan pengukuran dan evaluasi pendidikan yang dicapai oleh siswa setelah mengetahui proses pendidikan secara formal dalam jangka waktu tertentu dan hasil tersebut berwujud angka-angka”.

Menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2005: 102) prestasi belajar merupakan realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Penguasaan hasil belajar oleh seseorang dapat di lihat dari perilakunya, baik perilaku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, ketrampilan berfikir maupun ketrampilan motorik. 

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan setelah melakukan proses belajar lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli