Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Tematik
Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Tematik. Pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) merupakan suatu
hal yang relatif baru, sehingga dalam implementasinya belum
sebagaimana yang diharapkan. Masih banyak guru yang merasa sulit dalam
melaksanakan pembelajaran tematik ini. Hal ini terjadi antara lain karena guru
belum mendapat pelatihan secara intensif tentang pembelajaran tematik
ini. Disamping itu juga guru masih sulit meninggalkan kebiasan kegiatan
pembelajaran yang penyajiannya berdasarkan mata pelajaran/bidang studi.
Pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar pada saat
ini difokuskan pada kelas-kelas bawah (kelas 1 dan 2) atau kelas yang
anak-anaknya masih tergolong pada anak usia dini, walaupun sebenarnya
pendekatan pembelajaran tematik ini bisa dilakukan di semua kelas sekolah
dasar.
Kelebihan pembelajaran tematik
Pelaksanaan pembelajaran tematik memiliki beberapa kelebihan
dan juga kelemahan yang diperolehnya. Kelebihan yang dimaksud yaitu:
- Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa.
- Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
- Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
- Menumbuhkan keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
Kekurangan pembelajaran tematik
Pembelajaran tematik di samping memiliki beberapa kelebihan
sebagaimana dipaparkan di atas, juga terdapat beberapa kekurangan yang diperolehnya.
Kekurangan yang ditimbulkannya yaitu:
- Guru dituntut memiliki keterampilan yang tinggi.
- Tidak setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada dalam mata pelajaran secara tepat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran tematik
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam
pembelajaran tematik, yaitu:
- Pembelajaran tematik dimaksudkan agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan utuh.
- Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik perlu mempertimbangkan alokasi waktu untuk setiap topik, banyak sedikitnya bahan yang tersedia di lingkungan.
- Pilihlah tema yang terdekat dengan siswa.
- Lebih mengutamakan kompetensi dasar yang akan dicapai dari pada tema.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih