Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli
Komponen-Komponen Metode Pembelajaran Reward Menurut Para Ahli. Metode pembelajaran reward merupakan suatu cara mengelola
kelas yang dilakukan guru dimana dalam setiap komponen-komponen harus kita
perhatikan dengan baik. Komponen-komponen yang mendukung ini diharapkan memperlancar
pembelajarn. Pembelajaran yang menyenangkan dengan memperhatikan suatu pencapaian dengan hal yang berbeda.
Keterampilan dasar penerapan reward terdiri atas beberapa komponen yaitu:
Keterampilan dasar penerapan reward terdiri atas beberapa komponen yaitu:
Reward Verbal (pujian)
- Kata-kata: bagus, ya benar, tepat, bagus sekali, dan lain-lain.
- Kalimat: pekerjaan anda baik sakali, saya gembira dengan hasil pekerjaan anda.
![]() |
Komponen Reward |
Reward non Verbal
- Reward berupa mimik dan gerakan badan lain: senyuman, angguan, acungan ibu jari, tepuk tangan dan lain-lain.
- Reward dengan cara mendekati, guru mendekati siswa untuk menunjukkan perhatian, hal ini dapat dilaksanakan dengan cara berdiri disamping siswa, berjalan menuju kearah siswa, duduk dekat seorang atau kelompok siswa, berjalan disisi siswa. Guru dapat mengira-ngira berapa lama ia berada didekat seorang atau kelompok siswa, sebab bila terlalu lama akan menimbulkan suasana yang tidak baik di kelas.
- Reward dengan cara sentuhan, guru dapat menyatakan persetujuan dan penghargaan terhadap siswa atas usaha dan penampilannya dengan cara menepuk pundak, menjabat tangan.
- Reward berupa symbol atau benda, reward simbolis ini dapat berupa surat-surat tanda jasa, bisa berupa sertifikat-sertifikat. Sedangkan yang berupa benda dapat berupa kartu bergambar, peralatan sekolah, pin, plastic dan lain sebagainya.
- Kegiatan yang menyenangkan, guru dapat menggunakan kegiatan-kegiatan atau tugas-tugas yang disenangi oleh siswa yang memperlihatkan kemajuan dalam pelajaran musik ditunjuk untuk menjadi pemimpin paduan suara sekolah atau diperbolehkan menggunakan alat-alat musik pada jam-jam bebas.
- Reward dengan memberikan penghormatan.
- Reward dengan memberikan perhatian tak penuh.
Dari banyak macam
reward diatas, maka
dari itu seorang
guru dapat memilih
reward yang relevan
dengan siswa disesuiakan
dengan situasi dan
kondisi siswa atau situasi dan kondisi keuangan, bila hal itu menyangkut
masalah keuangan.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih