Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli
Syarat-Syarat dan Tujuan Reward Menurut Para Ahli. Dalam memberikan
reward seorang guru
hendaknya dapat mengetahui siapa yang berhak mendapat reward,
seorang guru harus selalu ingat akan maksud dari pemberian reward itu. Seorang
siswa yang pada suatu ketika menunjukkan hasil lebih baik dari biasanya,
mungkin sangat baik diberikan reward. Dalam hal ini seorang guru hendaknya
bijaksana, jangan sampai reward menimbulkan iri hati pada siswa yang lain yang
merasa diriya lebih pandai, tetapi tidak mendapat reward.
Ngalim Purwanto (1985: 233) mngungkapkan ada beberapa syarat
yang harus diperhatikan oleh guru dalam menerapkan metode pembelajaran reward
sebagai berikut:
- Untuk memberi ganjaran yang pedagogis perlu sekali guru mengenal betul-betul murid-muridnya dan tahu menghargai dengan tepat. Reward yang tidak tepat dapat membawa akibat yang tidak diinginkan.
- Ganjaran yang diberikan kepada seorang anak janganlah menimbulkan rasa cemburu atau iri hati bagi anak yang lain yang merasa pekerjaannya juga lebih baik, tetapi tidak mendapat reward.
- Memberikan reward hendaknya hemat, terlalu kerap atau terus menerus memberikan reward akan menjadi hilang arti reward tersebut sebagai alat pendidikan.
- Janganlah memberikan reward dengan menjanjikan dahulu sebelum anak-anak menunjukkan prestasi kerjanya, reward yang telah dijanjikan dahulu akan membawa kesukaran-kesukaran bagi beberapa anak yang kurang pandai.
- Pendidik harus berhati-hati memberikan reward, jangan sampai reward yang diberikan kepada anak-anak diterimanya bagi upah dari pada jerih payah yang telah dilakukannya.
Ada beberapa pendapat para ahli pendidikan terhadap reward
sebagai alat pendidikan yang berbeda-beda. Sebagian menyetujui dan menganggap penting dipakai sebagai alat untuk membentuk
kata hati siswa. Sebaliknya ada pula para ahli-ahli pendidikan yang tidak suka
sama sekali. Mereka berpendapat bahwa reward itu dapat menimbulkan persaingan
yang tidak sehat pada siswa.
![]() |
Reward |
Mengenai masalah reward, perlu peneliti bahas tentang tujuan
yang harus dicapai dalam pemberian reward. Hal ini dimaksudkan, agar dalam
berbuat sesuatu bukan karena perbuatan semata-mata, namun ada sesuatu yang
harus dicapai dengan perbuatannya, karena dengan adanya tujuan akan member arah
dalam melangkah.
Tujuan yang harus dicapai dalam pemberian reward adalah untuk
lebih mengembangkan motivasi yang bersifat instrinsik dari motivasi
ekstrinsik, dalam artian siswa melakukan suatu perbuatan, maka perbuatan
itu timbul dari kesadaran siswa
itu sendiri. Dan dengan reward
itu, juga diharapakan dapat membangun suatu hubungan yang positif antara guru dan siswa, karena reward itu adalah bagian dari
pada penjelmaan dari rasa cinta kasih sayang seorang guru kepada siswa.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih