Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli
Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli. Model pembelajaran jigsaw adalah (Model Tim Ahli) yang
dikembangkan oleh Arosan, Blaney, Stephen, Sikes, dan Snapp. Pada dasarnya,
model ini guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen
yang lebi kecil. Selanjutnya guru membagi siswa kedalam kelompok belajar
koopertif yang terdiri dari beberapa siswa sehingga setiap siswa bertanggung
jawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan
sebaik-baiknya. Siswa dari masing-masing kelompok yang bertangung jawab pada
subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari tiga atau empat
siswa. Setelah itu siswa kembali ke kelompok masingmasing sebagai “ahli” dalam
subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik lainnya, juga
bertindak serupa sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan
penguasaannya terhadap seluruh materi yang dtugaskan oleh guru. Dengan demikian
setiap siswa dalam kelompok harus menguaai topik secara keseluruhan.
![]() |
Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli |
Model pembelajaan ini sangat menarik untuk digunakan jika
materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi
tersebut tidak megharuskan urutan penyampaian. Siswa-siswi bekerja sama untuk
menyelelesaikan tugas kooperatifnya dalam:
- Belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya.
- Merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula.
Langkah-langkah kegiatan model pembelajaran jigsaw adalah
sebagai berikut:
- Siswa dikelompokkan ke dalam 4/5 anggota tim
- Tiap siswa dalam tim diberi dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
- Setiap siswa dalam satu tim diberi bagian materi yang ditugaskan
- Anggota tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka
- Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang subbab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
- Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
- Guru memberikan evaluasi berupa kuis
- Memberi penghargaan terhadap kelompok yang mendapatkan banyak skor dalam kuis
- Penutup/kesimpulan.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih