Pengertian dan Ciri-Ciri Komunikasi Efektif
Pengertian dan Ciri-Ciri Komunikasi Efektif. Komunikasi yang efektif terjadi jika terwujud kesamaan makna atas pesan/informasi di antara pihak-pihak yang terlibat dalam suatu proses komunikasi.Kaidah ini berlaku dalam semua bentuk atau jenis komunikasi.
![]() |
Komunikasi |
Ciri-ciri Komunikasi Efektif
- Langsung ke inti persoalan, tidak ragu menyampaikan pesan.
- Asertif, yang artinya tegas sekalipun jauh dari kesan keras atau mendikte.
- Bersahabat.
- Isi pesan jelas dan mudah dipahami.
- Terbuka, tidak ada pesan dan makna yang tersem-bunyi.
- Dapat berlangsung secara lisan atau tulisan.
- Dua arah (seimbang antara berbicara dan mende-ngarkan).
- Responsif (memperhatikan keperluan dan pandang-an orang lain).
- Nyambung (menafsirkan pesan dan kebutuhan orang lain dengan tepat).
- Jujur dalam pengungkapan gagasan, perasaan, atau kebutuhan yang sesungguhnya.
Ciri-ciri komunikasi Tidak Efektif
- Tidak langsung (bertele-tele), tidak mengatakan maksud dan tujuan secara jelas.
- Pasif (malu-malu, tertutup).
- Antagonistis (marah-marah, agresif, atau bernada kebencian).
- Kabur (pesan atau maksud yang disampaikan tidak jelas dan memerlukan penafsiran).
- Tidak terbuka (maksud yang sesungguhnya tidak pernah diungkapkan secara terus terang).
- Tidak secara lisan (pesan disampaikan melalui bahasa tubuh, bukan dengan kata-kata).
- Satu arah (lebih banyak berbicara daripada mendengarkan).
- Tidak responsif (sedikit/atau tidak ada minat terhadap pandangan atau kepentingan orang lain).
- Tidak nyambung (tanggapan dan kebutuhan orang lain disalahartikan atau disalahtafsirkan).
- Tidak jujur (perasaan, gagasan, atau keputusan diungkapkan dengan berbohong).
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih