Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli. Secara arti kata, mungkin ada banyak orang yang akan mengartikan pemerintah sebagai suatu negara. Namun pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi seputar sistem pemeritah. Untuk lebih memahami lebih jauh mengenai pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli. Berikut ini akan dikemukakan beberapa pendapat ahli tentang sistem pemerintahan.

Moh. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim (1988: 66) mengungkapkan bahwa sistem adalah suatu keseluruhan, terdiri dari beberapa bagian yang memiliki hubungan fungsional, baik antara bagian yang satu dengan bagian yang lain maupun hubungan fungsional terhadap keseluruhan, sehingga hubungan itu dapat menimbulkan suatu ketergantungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, akibat yang ditimbulkan jika salah satu bagian tidak bekerja dengan baik maka akan mempengaruhi bagian-bagian yang lainnya.

Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Sistem Pemerintahan
Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli
Sistem Pemerintahan
Pamudji (1985: 9-10) mengungkapkan bahwa sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh, dimana di dalamnya terdapat komponen-komponen yang pada gilirannya merupakan sistem tertentu yang mempunyai fungsi masing-masing, saling berhubungan satu dengan yang lain menurut pola, tata atau norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Berdasarkan kedua pendapat para ahli di atas penulis mengambil kesimpulan bahwa sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang utuh dari beberapa komponen yang mempunyai hubungan fungsional dan ketergantungan antara satu dengan yang lain menurut suatu norma tertentu dalam rangka mencapai suatu tujuan.

Referensi:
Moh. Kusnardi dan Harmaily Ibrahim. 1998. Pengantar Hukum Tata Negara Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Jakarta:  Sinar Bakti.
Pamudji. 1985. Perbandingan Pemerintahan. Jakarta: Bina Aksara.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli