Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan kewarganegaraan Menurut Para Ahli. Zamroni mengungkapkan bahwa pendidikan kewarganegaran adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berfikir kritis dan bertindak demokratis, melalui aktifitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru, tentang kesadaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak- hak warga masyarakat.

Senada dengan pendapat ahli sebelumnya Soemantri mengungkapkan pendidikan kewargaan negara identik dengan istilah civic, yaitu mata pelajaran yang bertujuan membentuk atau membina warga negara yang baik, warga negara yang tahu, mau, sadar akan hak dan kewajibannya. Tujuan pkn ini untuk mewujudkan pelaksanaan demokrasi di indonesia, sehingga lebih menekankan pada pemenuhan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Hal ini dapat diwujudkan dalam bentuk sikap, perilaku, dan perbuatan yang baik.
Pengertian Pendidikan kewarganegaraan Menurut Para Ahli
Pendidikan kewarganegaraan
Berbeda dengan Zamroni, Soemantri menyatakan bahwa pendidikan kewarganegaraan (civic education) itu ditandai dengan ciriciri sebagai berikut:
  1. Merupakan kegiatan yang meliputi seluruh program sekolah
  2. Meliputi berbagai macam kegiatan mengajar yang dapat menumbuhkan hidup dan perilaku yang lebih baik dalam masyarakat demokratis
  3. Termasuk juga menyangkut pengalaman, kepentingan masyarakat, pribadi, dan syarat- syarat obyektif untuk hidup bernegara.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli