Pengertian dan Klasifikasi Keaktifan Belajar Siswa Menurut Para Ahli

Teori Belajar. Pengertian dan Klasifikasi Keaktifan Belajar Siswa Menurut Para Ahli. Aktif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 23) berarti giat. Aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran perlu diperhatikan oleh guru, agar proses belajar mengajar yang ditempuh mendapatkan hasil yang maksimal. Maka guru perlu mencari cara untuk meningkatkan keaktifan siswa.
Pengertian dan Klasifikasi Keaktifan Belajar Siswa Menurut Para Ahli
Keaktifan belajar siswa
Menurut Sardiman (2009: 100-101) keaktifan siswa dalam belajar dapat diklasifikasikan, yaitu:
  1. Visual activities meliputi membaca, melihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, dan mengamati orang lain bekerja.
  2. Oral activities meliputi mengemukakan suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi dan interupsi.
  3. Listening activities meliputi mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan percakapan atau diskusi kelompok, mendengarkan musik, pidato.
  4. Writing activities  meliputi menulis cerita, menulis laporan, karangan, angket, menyalin.
  5. Drawing activities meliputi menggambar, membuat grafik, diagram, peta.
  6. Motor activities meliputi melakukan percobaan, memilih alat-alat, melaksanakan pameran, membuat model, menyelenggarakan permainan, menari dan berkebun.
  7. Mental activities meliputi merenung, mengingat, memecahkan masalah, menganalisis faktor-faktor, melihat hubungan-hubungan dan membuat keputusan.
  8. Emotional activities meliputi minat, membedakan, berani, tenang dan lain-lain.
Dengan demikian bisa kita lihat bahwa keaktifan siswa sangat bervariasi, peran gurulah untuk menjamin setiap siswa untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan dalam kondisi yang ada. Guru juga harus selalu memberi kesempatan bagi siswa untuk bersikap aktif mencari, memperoleh, dan mengolah hasil belajarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli