Cakupan Evaluasi Program Pembelajaran Menurut Para Ahli

Cakupan Evaluasi Program Pembelajaran Menurut Para Ahli. Untuk memperoleh gambaran yang komprehensif tentang efektivitas program pembelajaran, ada sekurang-kurangnya tiga komponen yang perlu dijadikan obyek evaluasi, yaitu desain program pembelajaran, implementasi program dan hasil yang dicapai.

A. Desain Program Pembelajaran

Desain program pembelajaran dinilai dari aspek tujuan yang ingin dicapai ataupun kompetensi yang akan dikembangkan, strategi pembelajaran yang akan diterapkan, isi program pembelajaran.

1. Kompetensi yang akan dikembangkan

Salah satu aspek dari program pembelajaran yang dijadikan obyek evaluasi adalah kompetensi yang akan dikembangkan, khususnya kompetensi dasar dari mata pelajaran yang bersangkutan. Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kompetensi dasar yang akan dikembangkan,
yaitu antara lain:
  • Menunjang pencapaian kompetensi standar kompetensi maupunkompetensi lulusan.
  • Jelas rumusan yang digunakan (observable).
  • Mampu menggambarkan dengan jelas perubahan tingkah laku yang diharapkan diri siswa.
  • Mempunyai kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.
Evaluasi Program Pembelajaran
Evaluasi Program Pembelajaran

2. Strategi pembelajaran

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai strategi pembelajaran yang direncanakan, yaitu antara lain:
  • Kesesuaian dengan kompetensi yang akan dikembangkan.
  • Kesesuaian dengan kondisi belajar mengajar yang diinginkan.
  • Kejelasan rumusan, terutama mencakup aktivitas guru maupun siswa dalam proses pembelajaran.
  • Kemungkinan keterlaksanaan dalam kondisi dan alokasi waktu yang ada.

3. Isi program pembelajaran

Isi program pembelajaran yang dimaksud adalah pengalaman belajar yang akan disiapkan oleh guru maupun yang harus diikuti siswa. Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai isi program pembelajaran, yaitu antara lain:
  • Relevansi dengan kompetensi yang akan dikembangkan.
  • Relevansi dengan pengalaman murid dan lingkungan.
  • Kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.
  • Kesesuaian dengan alokasi waktu yang tersedia.
  • Keauthentikan pengalaman dengan lingkungan hidup siswa.

B. Implementasi Program Pembelajaran

Selain desain program pembelajaran, proses implementasi program atau proses pelaksanaan pun perlu dijadikan obyek evaluasi, khususnya proses belajar dan pembelajaran yang berlangsung di lapangan.

National Council for the Social Studies (2006: 4) merekomendasikan bahwa evaluasi dalam social studies seharusnya mengukur isi maupun proses pembelajaran. Evaluation istrument should measure both content and process.

Sedangkan mengenai standar evaluasi proses pembelajaran Nama sudjana & Ibrahim (2004: 230 - 232) menampilkan sejumlah kriteria yang dapat digunakan untuk mengevaluasi proses belajar dan
pembelajaran yaitu:
  1. Konsistensi dengan kegiatan yang terdapat dalam program pembelajaran.
  2. Keterlaksanaan oleh guru.
  3. Keterlaksanaan dari segi siswa.
  4. Perhatian yang diperlihatkan para siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung.
  5. Keaktifan para siswa dalam proses belajar.
  6. Kesempatan yang diberikan untuk menerapkan hasil peembelajaran dalam situasi yang nyata.
  7. Pola interaksi antara guru dan siswa.
  8. Kesempatan untuk mendapatkan umpan balik secara kontinu

C. Hasil Program Pembelajaran

Selain desain program dan implementasi, komponen ketiga yang perlu dievaluasi adalah hasil-hasil yang dicapai oleh kegiatan pembelajaran. Hasil yang dicapai ini dapat mengacu pada pencapaian tujuan jangka pendek (ouput) maupun mengacu pada pencapaian tujuan jangka panjang (outcome). Outcome program pembelajaran tidak kalah pentingnya dengan output, karena dalam outcome ini akan dinilai seberapa jauh siswa mampu mengimplementasikan kompetensi yang dipelajari di kelas ke dalam dunia nyata (realworld) dalam memecahkan berbagai persoalan hidup dan kehidupan dalam
masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli