Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli
Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (guru) dengan siswa, sumber belajar, dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar siswa (Arifin, 2010: 10).
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi hasil memang mudah dilihat dan ditentukan kriteriannya, akan tetapi hal ini dapat mengurangi makna proses pembelajaran sebagai proses yang mengandung nilai-nilai pendidikan (Sanjaya, 2011: 13-14).
Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien (Komalasari, 2013: 3).
Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agar orang lain belajar (Syah, 2010: 215).
Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek, yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi hasil memang mudah dilihat dan ditentukan kriteriannya, akan tetapi hal ini dapat mengurangi makna proses pembelajaran sebagai proses yang mengandung nilai-nilai pendidikan (Sanjaya, 2011: 13-14).
Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien (Komalasari, 2013: 3).
Pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan seseorang agar orang lain belajar (Syah, 2010: 215).
Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 dinyatakan bahwa Pembelajaran adalah Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Berdasarkan pengertian pembelajaran di atas dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara guru dengan
siswa yang direncanakan untuk menciptakan kegiatan belajar yang efektif dan
efesien. Kegiatan ini membantu siswa untuk mempelajari dan
memperoleh ilmu pengetahuan yang membuat perubahan tingkah laku pada
diri siswa. Proses ini dilakukan untuk mencapai tujuan dari pendidikan yang
keberhasilannya dilihat dari aspek produk dan aspek proses. Interaksi merupakan
ciri utama dari kegiatan pembelajaran. Baik interaksi antara yang belajar
dengan lingkungan belajarnya, baik itu guru, teman-temannya, media
pembelajaran, atau sumber-sumber belajar yang lain.
Proses pembelajaran pada awalnya meminta guru untuk
mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa. Kesiapan guru untuk
mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama
penyampaian materi pembelajaran dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan
pembelajaran. Pembelajaran sangat peting dalam pendidikan karena materi
pembelajaran dapat disampaikan kepada siswa sehingga dapat belajar dengan baik
dan memperoleh ilmu pengetahuan serta tujuan pendidikan dapat dicapai.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih