Pengertian Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here
Pengertian Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here. Setiap orang adalah guru termasuk jenis strategi
mengajar teman sebaya (Peer Teaching). Beberapa ahli percaya bahwa satu mata
pelajaran benar-benar dikuasai hanya apabila seorang peserta didik mampu
mengajarkan kepada peserta lain. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang
sama, saat ia menjadi narasumber bagi yang lain. Strategi berikut merupakan
cara praktis untuk menghasilkan mengajar teman sebaya di dalam kelas
(Silberman, 2007: 165).
Strategi everyone is a teacher here sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Strategi ini memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi teman-temannya. Dengan strategi ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat, akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif (Zaini, 2008: 60).
Berdasarkan pendapat ahli di atas maka penulis memberikan simpulan bahwa everyone is a teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapai tujuan yang meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapatnya setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Strategi everyone is a teacher here sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Strategi ini memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi teman-temannya. Dengan strategi ini, peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat, akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif (Zaini, 2008: 60).
![]() |
Everyone Is a Teacher Here |
Berdasarkan pendapat ahli di atas maka penulis memberikan simpulan bahwa everyone is a teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapai tujuan yang meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapatnya setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Langkah-Langkah Strategi Everyone is a Teacher Here
Zaini (2008: 60) mengungkapkan langkah-langkah strategi everyone
is a teacher here sebagai berukut:
- Bagikan secarik kertas / kartu indeks kepada seluruh peserta didik. Minta mereka untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas atau sebuah topik khusus yang akan didiskusikan dalam kelas.
- Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap peserta didik. Pastikan bahwa tidak ada peserta didik yang menerima soal yang ditulis sendiri. Minta mereka untuk membaca dalam hati pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian memikirkan jawabannya.
- Minta peserta didik secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya.
- Setelah jawaban diberikan, mintalah peserta didik lainnya untuk menambahkan.
- Lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya.
Melalui strategi everyone is a teacher here ini,
diharapkan siswa akan lebih semangat dan senang dalam menerima pelajaran matematika,
setiap siswa berani mengemukakan pendapat di depan kelas, berani menyatakan
kesalahan dari siswa lain, dan terlatih dalam menyimpulkan masalah.
Demikianlah informasi seputar strategi everyone is a teacher here. Nantikan perkembangan artikel selanjutnya dengan topic-topik pendidikan yang tidak kalah seru.
Demikianlah informasi seputar strategi everyone is a teacher here. Nantikan perkembangan artikel selanjutnya dengan topic-topik pendidikan yang tidak kalah seru.
Boleh minta Pustakanya Min ?
ReplyDeleteSemoga bermanfaat
DeleteSilberman, ML. 2007. Active Leraning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Zaini, Hisyam; Bermawy Munthe; dan Sekar Ayu Aryani. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yoyakarta: Pustaka Insan Madani dan CTSD UIN Sunan Kalijaga.