Pengertian IPS Menurut Para Ahli
Pengertian IPS Menurut Para Ahli. Istilah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan terjemahan dari
(social studies). Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menurut Nursid Sumaatmadja
(1984: 10) diartikan sebagai “ilmu yang mempelajari bidang kehidupan manusia di
masyarakat, mempelajari gejala dan masalah sosial yang terjadi dari bagian
kehidupan tersebut”.
Artinya Ilmu Pengetahuan Sosial diartikan sebagai kajian
terpadu dari ilmu-ilmu sosial serta untuk mengembangkan potensi
kewarganegaraan. Di dalam program sekolah, Ilmu Pengetahuan Sosial
dikoordinasikan sebagai bahasan sistematis serta berasal dari beberapa disiplin
ilmu antara lain: Antropologi, Arkeologi, Geografi, Ekonomi, Geografi, Ekonomi,
Sejarah, Hukum, Filsafat, Ilmu Politik, Psikologi Agama, Sosiologi, dan juga
mencakup materi yang sesuai dari Humaniora, matematika serta Ilmu Alam.
![]() |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan program pendidikan yang
berupaya mengembangkan pemahaman siswa tentang bagaimana manusia sebagai
individu dan kelompok hidup bersama dan berinteraksi dengan lingkungannya baik
fisik maupun sosial. Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial ataupun pengetahuan
sosial bertujuan agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan, sikap, dan
keterampilan sosial, yang berguna bagi kemajuan dirinya sebagai individu maupun
sebagai anggota masyarakat menurut Saidihardjo (2005: 109).
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan
isu sosial. Pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran IPS memuat materi Geografi,
Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta didik diarahkan
untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung
jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Mata pelajaran IPS disusun secara
sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju
kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan
mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan menurut BSNP (2006: 159).
Mata pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
- Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lilngkungannya.
- Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
- Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai- nilai sosial dan kemanusiaan.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global menurut BSNP (2006: 159).
Berdasarkan dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan
bahwa pengajaran IPS merupakan mata pelajaran yang mengintegrasi tentang
kehidupan sosial dari bahan realita kehidupan sehari-hari dalam masyarakat.
Dengan demikian IPS memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk mendidik
siswa guna mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar dapat
mengambil bagian secara aktif dalam kehidupannya kelak sebagai anggota
masyarakat dan warga Negara yang baik, yaitu warga negara yang bangga dan cinta
terhadap tanah airnya. Pendidikan Ilmu Sosial juga merupakan suatu program
pendidikan pada siswa untuk mengenal dunia sosial yang ada di sekitar
lingkungannya.
Comments
Post a Comment
Dengan hormat,
Mohon berkomentar sesuai dengan topik artikel
Komentar berbau iseng semata tidak akan di publikasikan
Terima kasih