Karakteristik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

Karakteristik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Sekolah sebagai tempat untuk berinteraksi selama proses pendidikan dipandang sebagai sesuatu yang seharusnya kita tingkatkan. Peningkatan mutu dan kualitas dari sekolah sendiri tentunya bersal dari berbagai aspek yang saling berhubungan erat. Pada beberapa waktu yang lalu penulis telah memaparkan sedikit seputar pengertian PTS menurut para ahli. Semoga artikel tersebut dapat membuka pemahaman para pembaca semua seputar PTS.
Karakteristik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
Karakteristik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
Pada kesempatan kali ini sebagai tindak lanjut artikel yang sebelumanya, penulis bermaksud untuk berbagi karakteristik PTS. Gar lebih mudah dalam memahami mari kita simak artikel secara bersama ciri utama PTS adalah sebagai berikut:
Baca juga: Kumpulan Teori dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)
  1. Adanya tindakan nyata untuk menyelesaikan masalah atau menghadapi tantangan atau melakukan inovasi.
  2. Bersifat kualitatif, meskipun dapat menggunakan data kuantitatif.
  3. Didasarkan pada masalah atau tantangan yang dihadapi kepala sekolah.
  4. Ada perubahan positif pada kepala sekolah dan sekolahnya.
  5. Dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama warga sekolah baik guru, tenaga kependidikan, pengawas, siswa, maupun pihak-pihak lain yang terkait.
  6. Peneliti juga bertindak sebagai praktisi yang melakukan refleksi.
  7. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan & evaluasi, dan refleksi.
  8. Jumlah siklus tergantung pencapaian tujuan PTS. Jika satu siklus belum mencapai tujuan maka dapat dilanjutkan pada siklus ke dua, dan seterusnya.
Terima kasis telah menyempatkan waktu untuk membaca karakteristik PTS. Semoga bermanfaat dan terus berkarya untuk pendidikan Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Project Based Learning Menurut Para Ahli

Komponen Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Pendekatan Belajar MODERAT (Modification Of Reciprocal Teaching) Menurut Para Ahli